Tuesday 18 December 2012

Teknik Menjaga Pakaian

Melihat warna pakaianku yang baru sahaja beberapa bulan dibeli membuatku risau. Warna kemeja kesayanganku semakin pudar. Terfikir bagaimana teknik menjaga pakaian yang baik yang mungkin berguna kepada semua.. 

1. Jangan sering dicuci
  • Setiap kali pakaian dicuci, sebenarnya mengurangi kualitasnya. Seperti  mesin, pakaian juga akan haus. Apabila anda mengenakan pakaian hanya sebentar, misalnya 2-3 jam dan tidak kotor, sebaiknya cukup anginkan saja dan bisa dipakai kembali. 

2. Deterjen berkualiti
  • Kalau mau pakaian Anda awet , jangan pakai deterjen murahan. Lebih baik keluarkan sedikit tambahan biaya untuk membeli deterjen yang benar-benar ampuh merawat pakaian.

3.Gunakan Cuka
  • Kalau yang ini berfungsi mempertahankan warna pakaian Anda secara sederhana. Sebelum dicuci, rendam pakaian di dalam air yang sudah dilarutkan dua sendok makan cuka. Cuka akan mengunci warna pakaian Anda agar tidak gampang luntur.

4. Pisahkan pakaian 
  • Memisahkan pakaian juga penting untuk mempertahankan keawetan pakaian. Ada empat cara untuk memisahkan. Yaitu memisahkan yang berwarna putih, warna gelap, warna cerah, dan pakaian berbahan lembut. 

5. Hilangkan noda dengan vetsin
  • Tidak hanya untuk makanan, vetsin ternyata juga ampuh menghilangkan noda di pakaian. Cukup rendam pakaian dengan melarutkan satu sendok makan vetsin sebelumnya, untuk mengurai noda yang menempel. setelah itu tinggal dicuci seperti biasa. 

6. Kurangi penggunaan mesin pengering
  • Mesin pengering memiliki peran untuk keausan pakaian. Lebih baik Anda menanggalkan mesin ini kalau pakaian ingin awet.

7. Cuci dengan air dingin
  • Cuci pakaian berwarna-warni dalam air dingin, air panas warna daripada kain jauh lebih cepat daripada dingin. Jangan khawatir bahwa pakaian anda tidak akan bersih dalam air dingin. Banyak sekarang deterjen diformulasikan untuk bekerja sama dengan baik dalam suhu dingin seperti yang mereka lakukan dalam hangat atau panas. Panas dari pengering pakaian juga dapat menyebabkan warna memudar.
8.Terbalikkan baju
  • Untuk mengurangi kerosakan pada pakaian Anda, pakaian keluarkan pakaian sebelah dalam sebelum pencucian dan pengeringan. Ini akan membantu menghindari proses pemudaran, yang membuat warna tampak menjemukan dan kotor, dan membantu menghentikan kerosakan pada kain dari kontak langsung dengan mesin. Jika Anda menggantung pakaian di luar, pastikan bahawa anda mengubah semua pakaian dari bagian dalam ke bagian luar. Sinar Matahari akan membuat warna menjadi memudar dengan sangat cepat.
 Sumber: dipetik dan diubahsuai daripadahttp://laundrymamiku.wordpress.com/tips-mencuci/tips-menjaga-pakaian-berwarna-tetap-cerah/ dan http://sidomi.com/11236/tips-menjaga-warna-dan-merawat-pakaian/...

No comments:

Post a Comment